Google Link

New Post










Jumat, 20 Juli 2012

Struktur komputer







Pada kesempatan kali ini akan sedikit di jelaskan mengenai CPU(Central Processing Unit), I/O (input dan Output), S/I (system Interconnection) dan Main memory.Dimana komponen – komponen tersebut merupakan struktur utama dalam sebuah komputer.

  1. CPU(Central Processing Unit).
CPU merupakan otak dalam system computer . CPU itu sendiri terdapat dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (Arithmetic and logic unit) serta simpanan (memory) berukuran kecil yang disebut register.
  • Arithmetic and Logic Unit (ALU)
ALU mempunyai tugas untuk mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya dan mengolahnya.
  • Control unit
Control Untit berfungsi mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen.
  • Register
Register adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Register ini merupakan memori yang hanya bersifat sementara.
  • CPU Interconnection
Merupakan mekanisme komunikasi yang menghubungkan komponen-komponen dalam internal CPU maupun menghubungkan dengan eksternal CPU.







    • Fungsi CPU
Fungsi CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori, atau dari informasi yang dimasukkan dari media input (mouse,keyboard,dll ). Cara kerja CPU yaitu dengan mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan mengeksekusinya satu per satu sesuai dengan alur perintah.
    • Cara Kerja CPU
Pertama - tama data diletakkan di RAM (melalui Input-storage). Ketika data berbentuk instruksi ,akan ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register. Kalau instruksiyang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka untuk selanjutnya akan dikerjakan di ALU. Hasilnya ditampung di Accumulator daj di lanjutkan ke control Unit dan di simpan dalam Working-storage.Jika talah selseai makan akan di ambil oleh output storage untuk di keluarkan/di tampilkan.

  1. I/O (input dan Output)
    • Input
Input merupakan upaya untuk memasukkan data atau informasi ke dalam komputer.menggunnakan input device.
      1. Fungsi
Memindahkan data/informasi dari dunia luar ke komputer.
      1. Kinerja Input:
      2. Dari input Device memberikan data yang kemudian di proses dalam komputer.
    • Output
Output merupakan menampilkan data atau informasi yang telah di olah untuk tujuan tertentu,

      1. Fungsi
Memindahkan data/informasi dari komputer ke dunia luar.
      1. Kinerja Input:
      2. Dari output-devices menampilkan data yang telah di proses dalam komputer.



  1. S/I (system Interconnection)
SI atau System Interconnection berfungsi untuk menghubungan diantara ketiga elemen CPU - Main Memory - Input Output untuk disinkronisasikan dan dijalankan oleh komputer.
Interkoneksi yang banyak digunakan sampai saat ini adalah system bus. Dimana dalam arsitektur komputer, sebuah bus merupakan subsistem yang mentransfer data antar komponen komputer pada sebuah komputer atau antar komputer.
Secara umum fungsi saluran bus dikategorikan dalam tiga bagian : Address Bus, data bus, dan Control bus.
  1. Main Memory
Main memory merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun dalam bentuk word atau byte, yang dapat menampung data yang cukup besar. Memori ini dibutuhkan karena CPU hanya dapat me-nyimpan instruksi dan data di register yang ukurannya kecil.Data yang disimpan pada main memory ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang.Main memory terdiri dari RAM dan ROM.
RAM :  memori yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu
ROM : memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pada saat dinyalakan.
Kinerja : menyimpan data dalam bentuk array yang disusun word atau byte. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang.

Tidak ada komentar: