Google Link

New Post










Jumat, 20 Juli 2012

Tutorial Dreamweaver MX


Berkenalan dengan Dreamweaver
Dreamweaver merupakan salah satu software pembuat website yang mempunyai banyak sekali kemudahan dalam pengoperasiannya namun juga sangat powerful dalam pembuatan website. Salah satu keunggulannya adalah kemudahannya dalam berinteraksi dengan macromedia flash, sebuah tool animasi yang sangat populer di internet.
Memulai dreamweaver
Pertama kali dreamweaver dibuka, setelah anda instal sebelumnya, maka akan tertampil jendela yang menanyakan kepada kita untuk memilih jenis layout yang diinginkan.
 Ada dua pilihan model layout kerja, yaitu model dreamweaver mx, atau model dreamweaver 4. Pada model dreamweaver 4, setiap jendela kerja berdiri sendiri-sendiri. Dalam tutorial ini kita menggunakan layout kerja standart dreamweaver mx karena model layout kerja ini dirasa paling optimal. Checkbox homesite/codebuilder merupakan pilihan untuk mengoptimalkan kerja kita apabila kita lebih banyak bekerja di script. Sangat cocok untuk tingkat lanjut.
Klik OK
Jendela tersebut hanya muncul pada saat pertama kali program dreamweaver dijalankan. Apabila kita menginginkan layout kerja yang berbeda setelah beberapa kali menjalankan dreamweaver, maka kita bisa memunculkan lagi jendela tersebut dengan mengklik:
edit  > preferences atau menggunakan shortcut ctrl+U
jendela preferences akan tertampil:


Gambar 4. Tombol untuk menampilkan kembali jendela model layout kerja dreamweaver

Kemudian klik tombol Change Workspace
Fungsi dari preferences ini adalah untuk mengatur semua hal mengenai dreamweaver. Mungkin kita akan memerlukannya nanti ketika dihadapkan pada sebuah masalah pendesainan situs tertentu, namun untuk kali ini kita biarkan pada kondisi default saja. Hal tersebut sudah mencukupi untuk pengerjaan website secara umum.
Setelah itu akan muncul layout kerja dreamweaver.  perhatikan gambar 4
Pengenalan interface dreamweaver
Gambar di bawah merupakan gambaran layout kerja dreamweaver mx.  Jendela-jendela pembantu yang terdapat pada menu window dikelompokkan pada panel bagian kanan. Seluruh panel bisa disembunyikan dengan mengklik tombol yang ditunjukkan oleh tanda panah.


Tidak ada komentar: